NAMA TUMBUHAN LANGKA DI WILAYAH INDONESIA | khas

Laman

Minggu, 09 Maret 2014

NAMA TUMBUHAN LANGKA DI WILAYAH INDONESIA

nama-tumbuhan-langka-di-wilayah-indonesia.htmlIndonesia kaya dengan flora dan fauna, yang tersebar diberbagai tempat disetiap provinsi dan banyak hewan dan tumbuhan ini  yang mulai langka dan dilindungi oleh negara agar tidak punah keberadaannya,oleh sebab itu, untuk menambah wawasan pengetahuan tentang flora dan fauna ini..yuk mari kita kenali dulu hewan dan tumbuhan apa saja yang termasuk langka itu. Sebab Bagaimana kita bisa turut menjaga dan melestarikan hewan dan tumbuhan tersebut jika kita sendiri belum tahu dan belum kenal dengan hewan hewan dan tumbuhan itu.Nah disini saya telah mengumpulkan dari beberapa sumber beberapa hewan dan tumbuhan langka tersebut yang mungkin belum  kita ketahui, Dan buat adik-adik pelajar,mungkin ada tugas dari sekolah boleh  kok dikopy dan dicetak,yang penting siapkan aja printer dan kertasnya. Lalu cetak terus kumpul...dah...




Bunga Bangkai
( Amorphophallus titanum Becc )

    Merupakann suku talas-talasan endemik dari Sumatera Indonesia, bunga (majemuk) terbesar di dunia, bunga ini bisa setinggi 5m. dan berbau bangkai busuk tujuan bunganya ini untuk mengundang kumbang kumbang dan lalat. Oleh sebab itu dinamakan Bunga bangkai Bunga ini mirip dengan bunga  Rafflesia arnoldii. Dan sulit dibedakan bila kurang ngerti.Mungkin karena bentuknya sama-sama besar. Di jerman  tahun 2005 adalah rekor bunga yang tertinggi di penangkaran kebun Raya Bonn yang mencapai  2,74m dan tahun 2003 setinggi 2,91m di Kebun Botani dan Hewan Wilhelma, Stuttgart,(Jerman) (20-10-2005). Namun dari Kebun Raya Ciboda,Indonesia mengklaim Karena mencapai ketinggian 3,17m selama seminggu (11-03-2004).






Kantong Semar
( Genus Nepenthes )
   
   Ketinggian dapat mencapai 15-20 m dengan cara memanjat tanaman lainnya, dan ada juga yang tidak memanjat pohon yangg lain.Bungga ini pada ujung daun ada sulur yang bisa membentuk kantong, yang berfungsi untuk perangkap untuk memakan mangsanya (misalnya serangga, pacet, anak kodok) 
     Habitat terbanyak di Pulau Borneo dan Sumatra. Spesies yang tercatat tumbuh di ketinggian paling tinggi adalah N. lamii yaitu di ketinggian 3,520 m




Kayu Cendana
(Santalum album)

     Kayu Cendana ini saat sudah susah mencarinya kalaupun ada pasti harganya mahal . Cendana atau cendana wangi, penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aroma terapi, campuran parfum, serta sangkur keris (warangka). Jenis tumbuhan parasit yg berawal dari kecambah yan memerlukan pohon inang untuk mendukung pertumbuhannya, karena akar .pohon cendana sukar dikembangkan karena memerlukan pohon inang Kayu ini dianggap sebagai obat alternatif untuk membawa orang lebih dekat kepada Tuhan. Minyak dasar kayu cendana, yan murni  sangat mahal , berguna untuk penyembuhan menghilangkan rasa cemas.
       



Anggrek Hitam 
Warnanya tidaklah  hitam,sebagaimana namanya, hanya pada bagian lidah (labellum) yang berwarna hitam ,dan banyak diperdagangkan secara bebas, bahkan ada yang dikirm ke luar pulau Kalimantan dengan sistem karungan. Padahal anggrek ini termasuk anggrek yang dilindungi oleh pemerintah.




Anggrek Pinsil
Hanya ada satu-satunya di Cagar Alam Danau Dusun besar, Bengkulu hidupnya menumpang pada bunga bakung (crinum asiaticum ), sementara bunga bakung banyak mati akibat surutnya permukaan air danau pada musim kemarau.wanginya bisa tahan hingga 22 hari. Batangnya kecil dan lurus. Ia hidup di tempat- banyak mengandung air. dan 1882 dinobatkan sebagai "Ratu Anggrek" dan pernah mendapatkan hadiah "Fist Class Certificate".di negara Inggris.Anggrek ini pertama kali ditemukan oleh Lobb. 





Anggrek Monyet 
(Dracula Simia)

Bentuk seperti wajah monyet asli.Biasanya tersembunyi di ketinggian hampir 2.000 meter di hutan tenggara Peru dan Ekuador. Dracula bermakna naga kecil seperti yang terlihat, terdapat dua taji panjang pada bunga ini yang menyerupai naga. Tumbuhnya hanya dapat  cuaca yang teduh dan wilayah yang dingin. Itu sebabnya tidak banyak orang yang bisa merawatnya dan. Daerah ditemukannya pun cukup sulit, sekitar 1000-2000 meter ketinggian di atas gunung.





Padma Raksasa 
(Rafflesia arnoldii)

ditemukan tahun 1818 di hutan tropis Bengkulu (Sumatera) di suatu tempat dekat Sungai Manna, Lubuk Tapi, Kabupaten Bengkulu Selatan, sehingga Bengkulu dikenal di dunia sebagai The Land of Rafflesia atau Bumi Rafflesia. Bunga merupakan parasit tidak berakar, tidak berdaun, dan tidak bertangkai. Diameter bunga ketika sedang mekar bisa mencapai 1 meter dengan berat sekitar 11 kilogram. Bunga menghisap unsur anorganik dan organik dari tanaman inang Tetrastigma.




Pohon Andalas
 (Morus macraura, Mic)

Berasal dari sumatera barat .berciri fisik tinggi kokoh menjulang ke langit, seratnya bersilang-silang, menandakan kuat Konon pohon itu, bisa awet hingga beratus tahun lamanya. Tak hanya itu pohon tersebut jika dipotong menggunakan mesin sinsaw, maka mata pisau sinwaw tersebut akan cepat tumpul.Penyebaran pohon Andalas atau ketelap bagi masyarakat Jambi itu, berada di India, Cina Selatan, Kamboja, Thailand, dan Indonesia hanya ada di Sumatera serta Jawa Barat.






NIBUNG
 (Oncosperma tigillarium)

sejenis palma (palem) yang tumbuh di Asia Tenggara termasuk hampir di seluruh wilayah Indonesia.termasuk kelompok Palem yang biasanya tumbuh liar, tumbuh berumpun seperti bambu. Satu Palem Nibung memiliki 5-30 anakan. Tinggi batang/pohon Nibung dapat mencapai 30 meter, lurus dan berduri, garis tengah batang sekitar 20 cm. Batang dan daunnya terlindungi oleh duri keras panjang berwarna hitam





PINANG MERAH
(Cyrtostachys renda)

Dinamakan Palem Merah lantaran pelepah pinang ini berwarna merah menyala. Dan lantaran warna merah pada pelepah daunnya itu Pinang disebut Pinang Lipstik.. Palem ini pun termasuk salah satu dari 14 jenis palem yang dilindungi di Indonesia. flora identitas provinsi Jambi ini dikenal sebagai Lipstick Palm, Scarlet Palm, Sealing Wax Palm, Red Palm, dan Sumatra Wax Palm. Palem Merah tumbuh berumpun dengan tinggi berkisar antara 6-14 meter. Diameter batangnya ramping dan tidak terlalu besar. Daunnya berwarna hijau cemerlang, bersirip agak melengkung dengan anak-anak daun agak kaku. tumbuh di daerah tropis tersebar di Indonesia (Sumatera dan Kalimantan), Malaysia, dan Thailand. .





KOKO LECERAN
(Vatica bantamensis)

Berasal dari provinsi Banten tanaman endemik Banten yang dipercaya hanya terdapat di Taman Nasional Ujung Kulon. pohon yang mampu mencapai tinggi hingga 30 m. Pada bagian batang yang muda memiliki bulu-bulu halus dan lebat. Daunnya menjorong atau melanset, dengan tangkai daun yang panjangnya mencapai 2.2 cm. Perbungaannya malai dan terdapat di ujung daun atau di ketiak daun. Bunga panjangnya mencapai 7 cm. Buah agak bulat dan mempunyai tangkai yang pendek sekitar 5 mm panjangnya. Pada buahnya terdapat biji yang berdiameter mencapai 1 cm. 





KEPEL
(Stelechocarpus burahol)

adalah pohon penghasil buah hidangan meja yang menjadi flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta. Buah kepel digemari puteri kraton-kraton di Jawa karena dipercaya menyebabkan keringat beraroma wangi dan membuat air seni tidak berbau tajam. Pohon tegak, tidak merontokkan daun secara serentak, tingginya mencapai 25 m..


Udah dulu ya... Dan masih banyak hewan dan tumbuhan yang lain yan patut dilindungi dan dilestarikan agar kelak anak cucu kita nggak bengong bengong aja dengerin gurunya nerangi.

Referensi : berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Terima Kasih Anda Telah Membaca Artikel
Judul:
Ditulis Oleh
Berikanlah saran dan kritik atas artikel ini. Salam blogger, Terima kasih